Rabu, 24 Maret 2010

Buka Warnet Tanpa Jaringan Telepon

Salam...

Tulisan saya ini akan membahas sesuatu yang sederhana, namun mudah-mudahan bisa bermanfaat khususnya buat rekan-rekan yang mau mencoba hal-hal baru dan kreatif.
Teman-teman yang sudah bisa dan terbiasa "Numpang lewat ya Boss, mau nyamperin teman-teman yang belum nyoba.. tulisan ini saya buat untuk mereka.. ok "

Bagi saudara-sudara yang ingin buka warnet tapi belum kebagian jaringan telepon, jangan putus asa kita akan coba buat warnet menggunakan modem usb wireless yang banyak beredar (lagi booming ) saat ini.

Dari apa yang telah saya coba, Modem Venus VT 18 EVDO dan Modem IVIO EVDO MOBI merupakan pilihan yang lumayan handal "bukan promosi, tapi kalau mau pesan bisa-bisa aja he..he :) "

Pertama-tama sediakan salah satu modem tersebut diatas, kita gunakan provider yang termurah dan handal saat ini, MOBI atau Smart dengan kecepatan up to 3.1 Mbps. Selanjutnya tulisan ini akan menggunakan Provider MOBI.

Rancang jaringan LAN standar TCP / IP seperti biasa aja Server IP : 192.168.0.1 selanjutnya bisa sampai 10 client 192.168.0.2 s/d 192.168.0.10 dst (sangat mudah dipelajari). Yang terpenting yang harus anda ingat yaitu menonaktifkan autorun di server sehingga modem tidak menjadi (Plug And Play) PnP, artinya jangan sampai menu autorun dari si Modem jalan. Selanjutnya kita akan membuat "dial up" sendiri karena inilah yang bisa di share di jaringan LAN kita, kalau dari menu standar modem tidak bisa di share. tidak disediakan dari providernya mungkin supaya modemnya banyak yang laku yaitu 1 modem untuk satu komputer. sedangkan kita 1 modem untuk 10 komputer he.. he.. lumayan lho... Untuk mengetahui IP Gateway provider anda gunakan perintah IPconfig /all. IPConfig adalah salah satu internal command di MS. Command Prompt (CMD) yang berfungsi untuk melihat dan mengkonfigurasi settingan perangkat jaringan.


Nah untuk tarifnya, ada beberapa pilihan tergantung anda, kalau warnet anda masih baru, artinya belum banyak pemakai cukup registrasi yang 150 rb per bulan kecepatan up to 3, 1 mbps kuotanya 2,5 GB per bulan kelebihan kuota kecepatan menjadi 128 kbps (masih bisa dipakai) kalau warnet anda sudah ramai registrasi aja yang 250 rb per bulan kecepatan maksimal kuotanya 3,5 GB. kelebihan kecepatn turun ke 256 kbps, dan masih bisa jalan kok. Ingat masa-masa dulu internet dari telkomnet intstan ? hanya 14 kbps, (jadi lucu klo diingat-ingat). (Sebenarnya Saya juga masih sedang menunggu ada provider yang bisa (mau) memberi "Unlimited" yg bener2 Unlimited artinya tanpa batas kuota.

Satu lagi trik yang penting : sediakan minimal 2 nomor kartu perdana, artinya jika warnet anda full terus, dan kuota telah tercapai, maka cabut kartu tersebut pasang kartu yang satunya lagi.. ok. janan lupa beri pembatasan download di setiap client. kebanyakan pengguna warnet juga saat ini tidak akan mendownload file-file besar, paling-paling naskah, lagu, dan facebook. kalau mau download file yang besar besar yang gak penting seperti video apalagi yang "maaf " porno gpp lah dia pindah aja ke warnet lain. Warnet kita ini kalau boleh untuk orang-orang yang berniat positif aja deh, jangan buka warnet yang bisa merusak generasi bangsa. OK. Jangan lupa beri komentar Anda,,, untuk koreksinya akan sangat saya hargai.

Untuk Detail setingnya atau kalau ada trouble,bisa kontak saya : Mosir Simarmata, HP : 081221713534, graciakomunika@gmail.com Thanks GBUs

9 komentar:

  1. boleh juga tuh... sudah di coba dan lancar...

    BalasHapus
  2. kalo pake modem smartfren conect bisa gak gan, setting detil nya gimana ?

    terus koneksinya kuat gak di share misal 6 kompi! tx gan pencerahannya!

    BalasHapus
  3. trimakasi. membantu wong ndeso
    http://agungadiaryono.blogspot.com/2012/04/hubungan-cara-buat-warnet-degan-letak.html#.T4JHHZl1BmM

    BalasHapus
  4. mau buka warkop mih, pastikan pakek hotspot, tp gima cara amannya, ke telkom hrung hbisin uang smpai 10jt, ada solusi lain ga? yang lebih mudah cepat gampang & aman...
    bantu infonya yaa..

    tks

    BalasHapus
  5. Berarti gak harus pake tower lagi . . .???

    BalasHapus
  6. hmmm.. jadi penasaran coba ah!...

    BalasHapus
  7. Klo bwt game online bs gk gan?

    BalasHapus